analisi kredit


MAKALAH
ANALISIS PEMBIAYAAN MENGGUNAKAN 6C DALAM PERBANKAN SYARI’AH
Dosen pengampu
Sandi sumantri
Di Susun oleh
Kholis :11523123
Kelas  :pbs/B
Institut Agama Islam Negeri IAIN Pontianak
Fakultas Syari’ah Dan Ekonomi Islam
Jurusan Perbankan Syari’ah 2018/2019



      I.        PENDAHULUAN
Perbankan di Indonesia memiliki peran yang penting dalam menunjang berjalannya roda perekonomian dan pembangunan nasional, mengingat salah satu fungsinya adalah sebagai alat transmisi kebijakan moneter. Bank sebagai lembaga keuangan memiliki kegiatan utama yaitu menghimpun dana masyarakat dalam bentuk tabungan dan lain-lain serta kemudian menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit (Kasmir, 2012:5)
kredit perbankan, bank memiliki beberapa jenis kredit yang umum ditawarkan kepada nasabah. Bentuk persaingan bisnis di bidang perbankan yang mulai berkembang  akhir-akhir ini adalah persaingan dalam penyaluran, khususnya  dalam pembiayaan kredit usaha mikro. Kredit kepada Usaha Mikro adalah pemberian kredit kepada debitur usaha mikro yang memenuhi kriteria usaha mikro sebagaimana diatur dalam UU No. 20 Tahun 2008 Tentang UMKM. Kredit bagi para pengusaha dirasa cukup penting mengingat kebutuhan untuk pembiayaan modal kerja dan investasi maka diperlukan Kredit Usaha mikro guna menjalankan usaha dan meningkatkan akumulasi pemupukan modal kerja mereka. Semakin meningkatnya penyaluran kredit, biasanya disertai pula dengan meningkatnya kredit yang bermasalah atau kredit macet atas kredit yang diberikan. Bahaya yang timbul dari kredit macet adalah tidak terbayarnya kembali kredit tersebut, baik sebagian maupun seluruhnya. Kredit bermasalah atau macet memberikan dampak yang kurang baik bagi negara, masyarakat, dan perbankan Indonesia. Likuiditas, keuangan, solvabilitas dan profitabilitas bank sangat dipengaruhi oleh keberhasilan bank dalam mengelola kredit yang disalurkan (Kasmir, 2012:71), banyak kejadian yang terjadi membuktikan bahwa kredit yang bermasalah atau kredit macet diakibatkan oleh pemberian persetujuan kredit yang tidak begitu ketat (Widjanarto, 2003:48). Pemberian kredit kepada konsumen atau calon nasabah atau debitur adalah dengan melewati proses pengajuan kredit dan proses analisis pemberian kredit terhadap kredit yang diajukan, setelah menyelesaikan prosedur administrasi barulah pihak bank melakukan analisis kredit. Analisis yang digunakan dalam perbankan adalah Analisis 5 C yaitu Character, Capacity, Capital, Condition, dan Collateral











Biodata nasabah
Nama                          :kevin santoso
Alamat usaha              :jl.ayani 2 ,jl,perdamaian
Alamat rumah             :jl.perdamaian no AB 1
Bidang usaha              :pedagang,Restoran & Caffe
Sektor ekonomi          :pedagang makanan & minuman
Surat perijinan             :
·         Akta penirian   :-
·         SIUP               :-
·         Situ                  :-
Permohonan pembiayaan
·         Maksimum pembiayaan         :-
·         Keperluan pembiayaan           :250.000.000,-
·         Jangka waktu pembiayaan    :-
    II.        Melihat komposisi dari karakter nasabah yang saya analisis,nasabah memiliki karakter yang baik dari hasil observas,dari info yang saya dapat dari kawan akrab tetangga kariawan.
Bahwasanya nasabah atas nama kevin santoso pemilik restoran Botani Caffe & Resto dan YUCCA CAFFE &EATEREAS maka hasil data yang saya dapat bahwa nama kevin santoso  tidak pernah melakukan tindakan kriminal yang dapat merugikan pihak lain.
Terdapat banyak informasi yang masok kepada saya terhadap pemilik Botani caffe & Resto yang pertama informasi dari sahabat dari pemilik Botani caffe & Resto tersebut bahwa  pemilik perusahan tidak pernah melakukan tindakan kriminal atau melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan diri nya oleh karena itu  pemilik usaha botani caffe & Resto tersebut layak mendapatkan pembiayaan dengan begitu semua hal yang saya lakukan dengan malakukan analisa tentang perusahaan tersebut sudah jelas, tidak semerta-merta memberika modal kepada orang tersebut melalui penelitian yang jelas dan terbuka terhadap  bpk kevin selaku pemilik usaha tersebut.
Ada beberapa pihak yang sempat kami interviu mereka mengatakan bahwa botani sudah berdiri sudah 2 tahun lamanya dengan ini sudah dapat membuktikan bahwa botani selayak nya mendapatkan asupan modal yang jelas dari pihak lembaga keuangan.masalah karakter dari calon nasabah sudah membuktikan dengan sangat jelas bahwa sudah selayaknya di pertimbangkan kembali dengan calon nasabah yang satu ini.
Di dinia seperti sekarang ini asupan modal dari pihak lain sangat di butuh kan bagi masarakat pengusaha UMKM karna banyak sekali masyarakat yang terkendala modal ketika ingin mengebangkan usahanya. Apa lagi persaingan yang sudah semakit kuat dalam menonjolkan prodak nya terdapat banyak cara yang di lakukan oleh pesaing sehingga harus melakukan inovasi dalam prodaknya dalam melakukan inovasi pasti butuh yang namanya modal nah di sini lah pihak lain dapat menginvestsikan uang nya sehingga  tidak perlu susah payah untuk mencari orang untuk mengelola modal yang di berikan.
Pemilik usaha Botani sudah sangat jelas bahwa orang ini baik dan mampu mengelola modal yang di berikan dan memberikan trobosan baru,ide baru yang dapat bersaing   di kanca internasional. Dengan modal yang di berikan pemilik usaha botani dapat mengembangkan usaha yang sampai terkenal di mana-mana. Ada sebagian pelanggan mengatakan bahwa bpk kevin selalu memberika,mengeluarkan prodak bari setiap 3 bulan sekali yang dapat membuat pelanggan terus ingin mengunjungi Restoran Botani tersebut.

Perusahaan yang di kelola oleh bpk kevin ini di bantu oleh 70 karyiawan dengan menggunakan dua sift yaitu sift pagi sama sift malam, yang karyiawan inilah yang berkontribusi ikut mengembangkan perusahaan yang di pimpin oleh bpk kevin tersebut sehingga tidak ada kendala dalam menciptakan prodak-prodak baru.

Omset peningkatan setiap harinya tidak kurang dari 10-15 juta yang mana omset semakin meningkat pada hari sabtu/minggu yang merupakan hari libur dari pada itu lah omset semakin meningkat.

Pelanggan restoran tersebut merupakan orang-orang yang hobbi dengan wisata kuliner dan berfoto-foto dengan nuansa restoran yang di penuhi dengan tanaman hias.



Hubungan dengan lembaga keuangan
No
fasilitas
bank
Margin
Plafond awal
osrtanding
Awal fasilitas
Jatuh tempo
Koll
1
Kreditinvestasi
BCA
-
-
-
-
-
1
2
Kredit modal kerja
BNI
-
-
-
-
-
lunas

Berdasarkan info yang ada bahwa bpk kevin santoso memiliki pembiayaan di lembaga keungan perbankan kolekbilitas 1/berada golongan lancar pemohon memiliki karakter yang baik dan tepat waktu dalam memenuhi kewajiban nya.

Pemasaran
Beberapa  strategi yang di terapkan dalam memasarkan prodak,antara lain
1.    Memberikan prodak dan layanan jasa yang terbaik bagi pelanggannya,serta prodak yang di tawarkan juga berkualitas sehingga tidak merugikan konsumen
2.    Memberikan harga yang sesuai dengan prodak yang di keluarkan
3.    Memberikan layanan yang baik dan suasana yang nyaman bagi pelanggan.
Analisis swot
a)    Kekuatan
1.    Usaha Restoran masih memiliki pelanggan tetap sehingga tidak khawatir tidak adanya konsumen
2.    Inovasi bangunan yang bernoansa alam menjadi daya tarik tersediri sehingga mampu bersaing dengan Restoran lainnya.
3.    Serta memiliki fasilitas yang cukup untuk sekelas Restoran

b)    Kelemahan
1.    Faktor cuaca yang kurang bagus sehingga menurunnya penjualan prodak yang di tawarkan
2.    Munculnya pesaing-pesaing yang dapat mempengaruhi operasional kerja



Keungan

Tahun
2013            2014


Penjualan
-
-
-

Bulan
-
-
-

Laba bersih
-
-
-

bulanan
-
-
-


Sulitnya mendapatkan laporan keungan dari instansi terkait maka dari itu saya tidak dapat menentukan pendapatan setiap tahunnya.

Agunan Atas dasar data/kondisi agunan setelah di laksakan transaksi
Kondisi agunan
A.    Akses bilitas mudah
Agunan terletak di jalan S Parman
B.    Berada daerah  yang strategis sehingga mudah di jumpai
C.   Bebas banjir
Kesimpulan atas Penilaian key person
Dari informasi yang di peroleh selama menjalankan hubungan bisnis dengan sesama pengusaha bahwasanya bpk kevin tidak pernah malakukan tindakan-tindakan yang bisa membuat rekan bisnis nya mengalami kerugian.
Etikad baik terhadap bank masih di tunjukan bahwa bpk kevin jazmemang orang yang benar-benar ingin melakukan kerja sama dengan  bank agar dapat membantu kebutuhan pembiyaan yang alami bpk kevin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

manajamin resiko layanan prima